Powered By Blogger

Senin, 25 April 2011

TAHAPAN DALAM PENGEMBANGAN IT DI PEMERINTAHAN



Tahapan IT Empowerment adalah sebagai berikut:
1) IT Awareness Development
2) IT Cultural Development
3) IT Organization Development
4) IT Competency Development
Tahapan IT Awareness Development dan IT Cultural Development diharapkan dapat memenuhi semua tingkatan Taksonomi Bloom bagian Sikap yaitu :
a) Menerima
b) Menanggapi
c) Mengatur Diri
d) Pola Hidup
Jika semua tingkatan Taksonomi Bloom tersebut terpenuhi, maka penggunaan TI dalam suatu organisasi sudah menjadi budaya atau pola hidup yang tidak dapat dipisahkan dalam keseharian para stafnya. Hal ini membuat faktor SDM dan Budaya yang menjadi kelemahan organisasi berubah menjadi kekuatan organisasi, sehingga investasi TI dapat diselamatkan.
Jika tahapan IT Awareness Development dan IT Cultural Development dapat dipenuhi, untuk lebih mengoptimalkan operasional, maka tahapan IT Organization Development dan IT Competency Development perlu dijalankan.
1) IT Awareness Development
Program IT Awareness disini membangun SDM pada tingkatan Taksonomi Bloom bagian menerima, menanggapi dan menghargai. Program IT Awareness meliputi :
a) IT For Executive, diselenggarakan dalam bentuk seminar dan didalamnya perlu ada kesepakatan bersama yang dituangkan dalam nota kesepakatan bersama antar IT Executive untuk mendukung pemanfaatan sistem informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan
b) IT For Non IT Staff, diselenggarakan dengan suatu simulasi sehingga lebih mengena kegunaan dari IT Staff.
2) IT Cultural Development
Program IT Cultural Development disini membangun SDM pada tingkatan Taksonomi Bloom bagian mengatur diri dan pola hidup. Hal-hal yang dilakukan dalam IT Cultural Development adalah :
a) Pendampingan penggunaan application tools yang dapat mempercepat pembudayaan IT Cultural.
b) Pelatihan application tools bagi yang belum dapat mengggunakan komputer dan TI
3) IT Governance Development
Setelah tingkatan pola hidup tercapai, maka program IT Governance perlu dijalankan untuk membenahi, menata mengelola dan mengatur sumber daya teknologi informasi (IT Governance) sehingga nilai yang didapatkan dari sistem dan teknologi informasi bisa optimal dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. IT Governance Development ini terdiri dari:
a) Penataan Organisasi
b) Pelatihan
c) Pendampingan
4) IT Competency DevelopmenT
Untuk memantapkan dan meningkatkan kemampuan SDM, perlu dipacu dengan adanya tolok ukur dan sertifikasi sehingga SDM benar-benar berkualitas di bidangnya. Hal-hal yang dilakukan dalam IT Competency Development :
a) Pelatihan-pelatihan peningkatan kemampuan teknis
b) Sertifikasi
Pelaksanaan pengembangan diatas sebaiknya dilakukan secara gradual dengan juga dilakukan adanya evaluasi secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar